Published On: Wed, Jan 30th, 2013

Cara Menurunkan Berat Badan 2 Kg Dalam Seminggu

menurunkan berat badanApakah Anda percaya bahwa Anda bisa menurunkan berat badan Anda setidaknya 2 kg dalam waktu satu minggu? Bahkan jika Anda benar-benar menerapkan metode diet ini secara benar dan konsisten, Anda bahkan bisa dapat hasil lebih dari itu.

Teknik yang dipopulerkan oleh Dr. Pierre Dukan dari Perancis ini bukanlah satu hal yang asing di luar negeri. Sudah banyak yang menerapkannya dan terbukti efesien dan berhasil. Salah satu pesohor yang menggunakan teknik diet ini adalah Kate Middleton. Anda pasti sudah tahu siapa dia bukan?

Jika selama ini metode diet yang biasa disarankan oleh ahli nutrisi lebih banyak menekankan aspek defisit kalori dimana kalori yang Anda ambil harus lebih rendah dari kalori yang digunakan. Kali ini teknik ini kurang berlaku terutama bagi atlet-atlet binaraga yang mengutamakan keindahan tubuh dan menitik beratkan soal makanan.

Diet rendah karbohidrat

Caranya sederhana saja di mana Anda hanya perlu mengurangi asupan karbohidrat sesedikit mungkin ataupun menggantikannya dengan sumber nutrisi yang lain. Misalnya, makanan sehari-hari Anda adalah nasi, kini Anda harus menghindari nasi dan menggantikannya dengan sumber yang lebih baik yaitu protein. Contoh protein yang terbaik adalah putih telur, dada ayam, ikan dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga sedapatnya menghindari sumber makanan yang disebut fruktosa (buah-buahan yang kaya dengan gula) yang bisa membentuk lemak. Dalam teknik diet ini, Anda juga harus mengurangi minum air manis dan menggantikannya dengan air dengan kadar gula rendah. Penelitian menunjukkan gula yang tinggi di dalam darah jika tidak diserap oleh jaringan sebagai energi, ia akan disimpan menjadi lemak dalam tubuh.

Apakah Anda merasa teknik diet ini sangat sulit dan memberatkan jika dilakukan setiap hari? Jangan khawatir, karena Anda juga berpeluang untuk makan makanan kesukaan Anda pada 1 hari dalam seminggu yang dikenal sebagai “cheat day”

Apa itu ‘cheat day’?

Cheat Day adalah hari di mana Anda diperbolehkan memakan apa saja makanan kesukaan Anda ataupun makanan yang Anda idam-idamkan. Tetapi ingat satu hari saja! Jadi tetapkanlah dalam seminggu, satu hari sebagai ‘cheat day’ Anda. Anda bisa mengatur satu hari dalam seminggu untuk dijadikan ‘cheat day’ seperti pada hari sabtu atau minggu ketika Anda ingin keluar bersama dengan keluarga atau teman.

Diantara keunggulan teknik diet ‘cheat day’ ini adalah :

  • Membantu mengontrol rasa keinginan terhadap makanan favorit Anda.
  • Mengurangi tekanan terhadap program diet yang sedang Anda ikuti.
  • Lebih praktis untuk jangka panjang, karena akan sulit meninggalkan nasi untuk selamanya bukan?
  • Meningkatkan energi Anda setelah program diet yang ‘menyiksa’ dan melelahkan.
  • Secara psikologis akan membuat Anda lebih rajin untuk kembali berolahraga dihari berikutnya.
  • Dan yang utama sekali Anda juga bisa bersenang-senang seperti orang lain yang tidak mengikuti program diet.

Apakah berat badan tidak akan bertambah dengan mendadak pada hari ‘cheat day’ tersebut? Jangan khawatir, karena ia hanya bertahan selama 24 hingga 48 jam saja. Kemudian, berat Anda akan kembali ke normal kembali. Diet jenis ini merupakan diet yang efisien yang pernah kami lakukan untuk mengurangi berat badan 2 sampai 3 kg dalam seminggu. Jika Anda tipe yang obesitas, Anda dapat kurangi sampai 5 kg dalam seminggu jika Anda benar-benar konsisten dengan diet yang dilakukan.

Tetapi jika Anda merasa teknik diet ini masih sulit, jangan dipaksakan. Anda bisa bisa mulai mengurangi karbohidrat pada makanan Anda perlahan-lahan sepanjang minggu hingga lama-kelamaan Anda akan terbiasa untuk makan tanpa nasi misalnya. Masih tidak bisa juga? Mulailah dengan sarapan yang kaya dengan protein dahulu. Jika  sudah biasa, Anda bisa lakukan diet Anda pada makan siang, sore dan malam.

Agar program diet Anda makin berhasil cobalah untuk melakukan sedikit olahraga dengan intensitas tinggi seperti angkat berat sebelum ‘cheat day’ Anda. Dengan olahraga, kalori berlebihan  dari nasi, minyak, rendang, pizza atau makan favorit Anda lainnya akan digunakan otot untuk untuk tujuan memperbaiki dan pembesaran bukan untuk penambahan timbunan lemak. (hs/psp)

www.lazada.com Health BlogsTop General-Health Sites Top health_fitness blogs Health Blogs Online Marketing