Published On: Mon, Jan 28th, 2013

Penyebab Mudah Lelah dan Mengantuk

penyebab mudah mengantukRasa kantuk adalah tanda yang diberikan oleh tubuh untuk beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah. Namun, dalam keadaan tertentu Anda mungkin merasa mengantuk dan lelah hampir sepanjang hari bahkan di waktu kerja, padahal Anda merasa telah mendapatkan waktu tidur yang cukup seharinya.

Kantuk dan lelah yang datang tidak pada waktunya tersebut perlu diwaspadai dan segera ditanggulangi karena ia tidak hanya akan mempengaruhi kualitas hidup, keselamatan, serta produktivitas Anda sehari-hari tapi juga bisa mengungkapkan kondisi kesehatan tertentu maupun penyakit yang mungkin Anda derita.

Apa saja yang menjadi penyebab timbulnya rasa kantuk dan lelah sepanjang hari ini? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut kami uraikan beberapanya untuk Anda:

Sleep Apnea

Gangguan sleep apnea menyebabkan pernafasan Anda berhenti secara singkat dalam waktu yang berkala sepanjang malam. Setiap interupsi yang terjadi membangunkan Anda, tetapi Anda tidak menyadarinya. Akibatnya Anda akan merasa kurang tidur meskipun Anda telah melewati 7 hingga 8 jam di tempat tidur.

Biasanya dialami oleh orang yang kegemukan, jadi turunkan berat badan Anda. Hentikan merokok dan usahakan tidur tengkurap atau miring.

Kurang energi

Makan terlalu sedikit, diet yang berlebihan akan menyebabkan Anda mudah lelah tetapi makan makanan yang salah juga dapat menyebabkan masalah. Makan makanan diet yang seimbang akan membantu gula darah Anda pada tingkat yang normal dan mencegah perasaan lesu ketika gula darah Anda turun.

Pastikan Anda untuk makan pagi setiap hari. Sertakan protein tinggi dan karbohidrat kompleks seperti beberapa keping roti atau telur setengah masak di setiap waktu makan.

Kurang darah merah (anemia)

Ini biasa terjadi pada wanita karena mereka akan kehilangan darah saat menstruasi. Kekurangan darah menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan Anda sering merasa ngantuk.

Mengatasinya? Banyaklah makanan yang kaya zat besi, seperti daging, hati, kerang, sayuran berdaun hijau, serta sereal.

Dehidrasi

Tubuh membutuhkan air yang cukup untuk bekerja dan berfungsi dengan baik. Kekurangan cairan (dehidrasi) dapat menyebabkan Anda merasa lelah sepanjang hari. Minumlah air sepanjang hari hingga urin Anda berwarna jernih. Minumlah cukup air setelah setiap dua jam untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

Depresi

Depresi tidak hanya mempengaruhi emosi saja, tetapi juga mempengaruhi fisik juga. Lemah, sakit kepala, hilang selera makan adalah gejala yang sering terjadi akibat tekanan emosi.

Lakukan hal-hal yang mengurangi depresi seperti berbagi masalah dengan orang lain yang dipercaya, berolahraga, bermunajat kepada Tuhan atau bermeditasi.

Penyakit Hipotiroid

Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

Temui dokter Anda. Jika test darah menunjukkan hormon tiroid Anda rendah, hormon sintetis dapat membantu meningkatkan kecepatan metabolisme Anda.

Penyakit Diabetes

Gula yang dibawa oleh darah akan diambil oleh sel-sel dan diubah menjadi energi untuk aktivitas. Pada penyakit diabetes, gula yang dibawa oleh darah sulit diambil oleh sel tubuh, sehingga sel kurang mempunyai energi untuk beraktivitas.

 Solusinya adalah dengan mengontrol makanan dan berolahraga. Dengan menurunkan berat badan sebanyak 10%, risiko Anda untuk mengalami diabetes akan berkurang setengahnya.

Penyakit Jantung

Ketika mudah merasa lelah dan mengantuk dalam melakukan kegiatan sehari-hari, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa jantung Anda dalam keadaaan yang baik, karena selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

Mengubah gaya hidup dan diet sesuai rekomendasi dokter, merupakan cara mengatasi masalah ini menjadi lebih serius. (hs/psp)

www.lazada.com Health BlogsTop General-Health Sites Top health_fitness blogs Health Blogs Online Marketing